Jumat, 14 Februari 2014

Administrasi Pembangungan Soal-Jawab


Soal


  1. Terangkan sumber daya bagi pembangunan nasional melalui identifikansi six’s M. Berikan dukungan teori untuk masing-masing identifikasi !
Jawab
    1. Sumber daya bagi pembangunan nasional melalui identifikansi six’s M. Sumber daya adalah Segala sesuatu yang dibutuhkan organisasi untuk melakukan aktivitas dalam mencapai tujuannya. Dalam teknologi transformasi pembangunan,fungsi lembaga yaitu melakukan transformasi input menjadi output,kemudian hasilnya diberikan kepada pelanggan,input yang berkualitas diharapkan menghasilkan output berkualitas. Dalam kegiatan pengelolaan pembangunan diperlukan beberapa sumber daya input,yaitu :
a.       Man (Manusia), merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja.
Sumber daya yang paling penting adalah manusia dan waktu,karena pada akhirnya,manusia dan kesempatan (waktu) sajalah yang menentukan keberhasilan, ada pameo mengatakan : "the man behind the gun" (berikan sesuatu kepada ahlinya,kalau tidak tunggu kehancuran).
Dalam pembangunan nasional, diperlukan manusia untuk menjadi pemikir, merancang, pelaksana, pengevaluasi maupun pengarah agar pembangunan dapat terwujud secara sistematis, lanjar dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

b.      Moment (waktu atau kesempatan)
Pembangunan nasional juga hendaknya memperhatikan aspek waktu, apabila pembangunan tidak segera dilaksanakan atau ditunda-tunda maka akan terjadi permasalahan-permasalahan baru yang muncul.

c.       Machines (Mesin), merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional.
Fasilitas maupun sarana prasarana yang ada juga akan menunjang terlaksananya pembangunan nasional. Apabila sarana prasarana tidak tercukupi maka akan menyebabkan terhambatnya pembangunan nasional itu sendiri.
Kemajuan teknologi dianggap sebagai sumber yang paling penting dan menentukan dalam proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Teknologi adalah bagaimana faktor-faktor produksi dikombinasikan untuk merealisasikan tujuan-tujuan produksi. Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan teknologi adalah perubahan fungsi produksi dalam suatu Kegiatan tertentu, yang dapat memperbesar hasil input tertentu. Yang menyebabkan bertambahnya produksi sama dengan jumlah sumber dan produksi tetapi jumlah sumber lebih sedikit, sehingga teknologi merupakan upaya menciptakan barang cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa.

d.      Money (Uang/Modal),merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan. Dana merupakan alat yang sangat penting yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Sumber daya modal atau kapital memberi kontribusi bagi kegiatan produksi maupun pendukung sarana sosial dan ekonomi. Uang, mesin, peralatan industri, gedung, kendaraan, jalan raya, dan jembatan merupakan contoh modal. Modal ini digunakan untuk meningkatkan produksi dan pembangunan ekonomi nasional.

e.       Method (Metode/Prosedur), merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan. Tanpa adanya prosedur atau metode dalam pembangunan nasional maka pelaksanaannya tidak akan terarah dan akan banyak terjadi penyimpangan sehingga pembangunan nasional tidak cepat terselesaikan.

f.       Materials (Bahan baku), merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen. Biasanya sering disebut juga Sumber Daya Alam. Sumber daya alam adalah semua benda hidup maupun mati yang ada atau terdapat secara alamiah di bumi serta dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia. Sumberdaya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, di laut, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumberdaya alam adalah barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi.
Semua kekayaan alam yang tersedia tersebut harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga memberi manfaat besar bagi pembangunan nasional. Misalnya tanah dapat dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan, lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perumahan. Cadangan mineral seperti emas dan besi digunakan sebagai bahan baku industri. Batu bara dan minyak bumi dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar.

g.      Management (manajemen)
Dalam pengelolaan sumber daya,maka lembaga harus mampu mengelolanya dengan efektif,efisien dan tidak mubadzir,mubadzir membuat kehancuran. Sumber daya institusi biasanya terdiri dari prosedur internal, petunjuk pelaksanaan dan struktur organisasi perusahaan dan hubungan luar yang terjalin dengan perusahaan dan institusi lain. Hal ini perlu diperhatikan manajemen nya sehingga menciptakan pembangunan nasional yang lancar dan sukses. Pembangunan sebagai kegiatan yang kompleks meliputi berbagai disiplin, sektor, kepentingan, dan kegiatan à memerlukan lembaga-lembaga yang mampu menampung, menyalurkan, dan mengatasi, serta mensinergikan berbagai aspek tersebut. Lembaga - lembaga pembangunan masional meliputi : Birokrasi, Pasar (dunia usaha), Partai politik, Lembaga hukum

  1. Buat analisis SWOT terhadap visi menjadi “go asia tenggara 2020” sumber daya yang dimiliki oleh BKK PAP sebaik-baiknya.
a.       Kekuatan (strengths)
-          Kurikulum BKK-PAP Program Studi Pendidikan Ekonomi disusun berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi (fleksibel) sesuai kebutuhan pasar kerja. Hal ini menjadi kekuatan mahasiswa lulusan PAP untuk bersaing di kelas Asia Tenggara sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.
-          Perangkat kurikulum yang disusun, didukung oleh silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, hand out, bahan ajar, e-learning, dan media pembelajaran berbasis IT. Hal ini membantu mahasiswa menjadi lulusan yang tidak gagap teknologi dan mudah mencari informasi.
-          Menjadi salah satu objek yang dituju dalam kunjungan oleh berbagai instansi sekolah dan universitas karena dipandang memiliki museum bersejarah (LAB PAP) yang menyimpan segala benda Administrasi yang dipakai pada masa terdahulu

b.      Kelemahan (weaknesses)
-          Kurangnya publikasi di BKK Administrasi Perkantoran yang menyebabkan sedikit peminat untuk masuk ke BKK tersebut. Apabila hal ini dibiarkan maka perlahan BKK ini tidak ada yang melestarikannya dan mungkin untuk menuju go Asia Tenggara masih sulit.
-          Dalam bidang pendidikan, peluang kerja untuk menjadi guru hanya terbatas pada lingkup SMK saja padahal jumlah SMK yang memiliki jurusan Administrasi Perkantoran juga terbatas.
-          Kurang sungguh-sungguh mahasiswa baru yang masuk pada BKK Administrasi Perkantoran yang menyebabkan sulitnya membawa mahasiswa tersebut untuk maju ke go Asia Tenggara 2020

c.       Peluang (opportunities)
-          Banyaknya perkantoran dan perusahaan di wilayah Indonesia maupun lingkup Asia Tenggara akan menambah peluang kerja bagi lulusan BKK Pend. Administrasi Perkantoran
-          Banyak dibutuhkannya tenaga administrasi untuk meningkatkan tata ruang dan kearsipan dalam sebuah kantor maupun perusahaan
-          Ilmu yang ada dalam administrasi perkantoran tidak dapat dipelajari secara instan sehingga lulusan dari Pend. Administrasi Perkantoran akan mendapat peluang lebih luas untuk masuk dalam pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi

d.      Ancaman (threats)
-          Semakin meningkatnya teknologi menyebabkan pekerjaan yang semula dapat dikerjakan oleh beberapa orang dapat dikerjakan oleh satu orang saja.
-          Maraknya perusahaan yang menerima semua jurusan untuk masuk dalam bagian administrasi walaupun sebelumnya diadakan training.

  1. Terangkan kepemimpinan strategis dari dimensi tujuan strategis yang harus dijalankan oleh seorang lulusan administrasi perkantoran untuk lingkup kepemimpinan organisasi privat dan non privat
Sebagai seorang lulusan Administrasi perkantoran hendaknya mampu menjadi sebuah pemimpin entah itu pada lingkup terkecil sebuah kelompok, organisasi maupun lingkup Negara sekalipun. Dengan berbagai ilmu yang didapat dari bab Kepemimpinan Strategis pada mata kuliah Administrasi Pembangunan maupun pada mata kuliah Kepemimpinan maka seorang lulusan Administrasi Perkantoran mempunyai bekal yang lebih banyak dibandingkan dengan lulusan lainnya.
Kepemimpinan strategis meliputi kemampuan mengantisipasi, memiliki visi, dan mempertahankan fleksibilitas, memberi kuasa kepada orang-orang lain untuk menciptakan perubahan strategis yang perlu. Strategi ini mempunyai efek penting terhadap upaya perusahaan mendapatkan daya saing strategis dan memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Kepemimpinan strategis efektif diperlukan untuk merumuskan dan menerapkan strategi dengan sukses. Sebagai seorang lulusan administrasi perkantoran harus mempunyai perilaku-perilaku strategik dalam suatu organisasi atau perusahaan seperti antara lain : Antisipasi, Merencanakan sebuah program, Memberikan solusi, Tegas, Wibawa, Berpikir secara kritis, Mampu menginterpretasikan, Dapat memutuskan, Dapat meluruskan, dan Mau belajar. Dengan hal tersebut maka lulusan PAP juga akan dapat menjadi pemimpin yang patut diteladani.
Kepemimpinan strategis efektif diperlukan untuk merumuskan dan menerapkan strategi dengan sukses. Tim manajemen puncak terdiri dari manajer kunci yang merumuskan dan menerapkan strategi perusahaan. Umumnya manajer adalah pejabat korporasi dan atau anggota dalam dewan direktur. Manajer menentukan arah strategis perubahan dan dengan demikian mempengaruhi daya saing strategis dan kemampuannya memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Kepemimpinan strategis mencakup penentuan arah strategis, pemanfaatan dan pemeliharaan kompetensi inti, pengembangan modal manusia, pemeliharaan budaya korporat yang efektif, penekanan praktek– praktek etis, dan pembangunan pengendalian strategis.

Kepemimpinan strategis dari dimensi tujuan strategis yang harus dijalankan oleh seorang lulusan administrasi perkantoran
a.                   Organisasi privat yang berarti sasarannya ditujukan kepada hal-hal yang “terpisah” dari masyarakat secara umum, yang disesuaikan dengan kemampuan membayar. Ciri- ciri Organisasi Privat : Didasari motif mendapatkan laba, Mendapat sebagian uangnya dari pelanggan, Berpedoman pada hukum pasar, dan Konsep “untung-rugi”. Yang harus dijalankan sebagai lulusan Administrasi Perkantoran :
-          Kewajiban ketaatan
Seorang karyawan yang memasuki sebuah perusahaan tertentu memiliki konsekuensi untuk taat dan patuh terhadap perintah dan petunjuk yang diberikan perusahaan karena mereka sudah terikat dengan perusahaan. Namun demikian, karyawan tidak harus mematuhi semua perintah yang diberikan oleh atasanya apabila perintah tersebut dinilai tidak bermoral dan tidak wajar. Misalnya : apabila diberi kepercayaan untuk mencari target laba 50 % maka hal tersebut harus dilaksanakan dengan tanggung jawab.
-           Kewajiban konfidensialitas
Kewajiban konfidensialitas adalah kewajiban untuk menyimpan informasi yang sifatnya sangat rahasia. Setiap karyawan di dalam perusahaan, terutama yang memiliki akses ke rahasia perusahaan seperti akuntan, bagian operasi, manajer, dan lain lain memiliki konsekuensi untuk tidak membuka rahasia perusahaan kepada khalayak umum. Hal ini biasanya berkaitan dengan strategi perusahaan tempat dia bekerja.
-           Kewajiban loyalitas
Konsekuensi lain yang dimiliki seorang karyawan apabila dia bekerja di dalam sebuah perusahaan adalah dia harus memiliki loyalitas terhadap perusahaan. Dia harus mendukung tujuan-tujuan dan visi-misi dari perusahaan tersebut. Dengan loyalitas ini, mereka akan berfikir untuk keuntungan perusahaannya dan menghindarkan diri hari hal-hal yang menyebabkan kerugian di tempat dia bekerja.
            Selain hal-hal diatas seorang lulusan administrasi perkantoran juga harus selalu belajar tentang ilmu yang selalu berkembang dan tidak hanya menguasai bidangnya saja.

b.                  Organisasi non privat berarti sasarannya ditujukan kepada masyarakat dengan ciri-ciri : Kebijakan pengelola didasari keinginan untuk dipilih kembali, Memperoleh uang dari pembayar pajak, Bersifat demokratis dan terbuka, Misinya melakukan kebaikan, dengan adanya pertimbangan moral.
Yang harus dijalankan sebagai lulusan Administrasi Perkantoran :
-          Melayani pelanggan dengan ramah dan adil tanpa membeda-bedakan status maupun jabatan
-          Menghormati setiap karyawan yang ada tanpa memperhatikan usia
-          Memaksimalkan kinerja hanya untuk kepuasaan pelanggan/konsumen/nasabah
-          Meminimalisir kesalahan dalam melayani pelanggan tempat dia bekerja
Intinya organisasi privat didasarkan pada pemenuhan kepentingan ekonomi/individu. Sedangkan organisasi non privat ditujukan bagi kepentingan umum

Tidak ada komentar: