Sabtu, 25 Agustus 2012

Bangga saudaraku

Ketika lebaran tiba, bertemulah aku bersana saudara-saudara ku yang telah nun jauh disana. Bahagia tercipta, suasana ramai dan banyak cerita.

Disinilah aku mempunyai berbagai inspirasi tentang kemana arah tujuan ku yang akan ada. Berbagai arah tercampur menjadi aku, sadar ketika kita dalam satu keturunan namun berbeda tujuan.

Ketika aku mendengar berbagai cerita tentang talenta yang mereka miliki, seorang melodis yang tak pernah tertinggal di bidang akademik yang aktif dalam berorganisasi, seorang pelawak kecil yang jago bermain catur dan tak melupakan budaya jawa serta berbagai cerita tentang kesuksesan pada diri saudara-saudara ku.

Banyak cerita, banyak pengalaman dan banyak belajar. Ketika kehidupan tak selamanya seperti yang kita inginkan ketika kehidupan tak semuanya sesuai dengan harapan. Ketika berbagai urusan hendak direstui orang tua, ketika semua harus dilakukan dengan usaha.

Hidup memang penuh perjuangan. Dimana seorang istri hendak menjadi pejuang ekonomi dalam rumah tangganya dimana seorang suami harus berjuang mencari nafkah dan menjadi seorang imam untuk keluarganya dimana seorang anak tertua harus menjadi panutan terhadap adik-adiknya kelak.

Begitu pula aku, aku yang menjadi anak pertama, cucu pertama, dan juga buyut pertama dari keluarga besarku. Aku pun tak mengerti bagaimana seharusnya aku bersikap agar dapat menjadi teladan bagi adik-adik dan adik-adik sepupuku kelak. Dan kini aku telah mengerti tentang berbagai cerita prestasi adik-adikku yang luar biasa, jujur aku bangga. Walaupun mungkin aku belum sempat menjadi kakak tertua yang pantas dijadikan contoh, walaupun mungkin kelak aku tak sesukses kalian tapi mendengar berita tentang kalian yang sungguh luar biasa sudah membuatku bangga.

Seperti mama, walaupun dari segi fisik aku yang paling kecil tapi aku ini yang paling tua (usia), paling bisa menempatkan diri di berbagai tempat dan keadaan, dan aku harus bisa menjadi teman untuk saudara-saudara ku yang mungkin membutuhkan aku untuk sekedar bersua dan bercengkrama.

Saudarakuu, aku ingin kita raih sebuah kesuksesan bersama, kelak,.setelah kita berkeluarga dan marilah bersama membanggakan keluarga besar J

Tidak ada komentar: