Jumat, 20 Juli 2012

pengalaman KKN Posdaya

Kabupaten Boyolali
Kecamatan Kemusu
Desa Kendel
Posdaya Sekarwangi

Awalnya gag ngerti, tiba tiba di sms Ketum Hima ditanyai mau ikut penelitian dosen kagak, spontan aku jawab "iya". Pas ada acara pembekalan ... gubrak ... bingung setengah mati disodorin map yang isinya kertas banyak banget, handout, form pengisian (geg kon ngopo :?) . Pelajaran pertama "teliti sebelum menjalankan" coba sebelumnya saya tanya dulu apa kegiatannya, gag bakal syook deh.

Setelah pembekalan berlangsung bingung sendiri dan gag ada gambaran mau bertindak kayak apa alhasil bisa nenangin diri sendiri dengan kata "anggep aja liburan di Boyolali #ikhlas" pelajaran kedua.

Singkat cerita ni, pemberangkatan tanggal 19 Juni pun dimulai. Berangkat terburu-buru dan topi yang dijadikan seragam ketinggalan #baguuuss. Itu pelajaran ketiga "harus teliti" . Dengan santainya kelompokku melaju tetapi aku justru berkendara dengan kencang berbelok arah (pulang ke rumah). Dengan kecepatan tinggi, aku pun menyusul kelompokku , maklum lah gag ngerti tempat Kabupaten Boyolali itu dimana. Sampai disana, pegawai nya duhh duuhhh gag bisa senyum euy,.hehehe. Bapak Bupati menyambut kita dengan suka cita berharap dengan mahasiswa UNS yang melaksanakan kegiatan KKN ini dapat memberantas kemskinan di Kabupaten Boyolali. 

Melewati berbagai hutan rimba, selama 3 jam kurang lebih kelompok kami pun menuju ke Kecamatan tempat kita bertugas,.masyaallah jauuuuhhhh. Sesampainya disana diberi sedikit pengarahan dan taraaaa......kami pun terpisah menjadi 3 kelompok. Kebetulan saya dapet di desa Kendel nya. Penyambutannya gag usah cerita deh kayaknya.

Kunjungan 4 kali di desa kendel itu banyak sekali cerita nya. Mulai dari sikap bu carik dan pak carik yang luar biasa ramah dan baik hati, ketawa-kerawa di rumah orang gag punya malu, numpang tidur seenaknya, foto-foto gag punya malu,.ahhaahaa,...bakal kangen sama kamarnya dek Maya yang uda buat bobok 3 malem. Kangen sama kopi buatan bu carik, masak bareng bu carik. hmmmm,.pan kapan maen ahh. Andai aja KKN itu gag 4x kunjungan ato mungkin seminggu full gitu malah bisa kumpul bareng warga desa jugag.

Pas KKN itu dapet pembelajaran juga dari karakteristik temen-temen yang ada mas nanda koordinator yang punya muka serius tapi kocak sebener e ni masnya sibukk banget susah dihubungin,hmm. mbak hari cewek pendiem yang pemalu abiss mau tak jodohin sama mas nanda sih benere,.hehehe. Kalo ni adek tingkat satu temen ku ndagel, mbikin banyolan dan ngakak sekencengkencengnya,.taraaa,..te'es (namayanganeh).

Kalo di kelompok lain masih banyak sih salut sama mbak triska yang pemberani, cerdas dan pinter mengutarakan ilmunya, mbak ana mbak meitha sahabat sejati kali ye.hehe. mas zaka cowok super pendiem nih kalo gag penting mahal kayaknya pembicaran tu. Mbak arifah yang sempet jatoh pas otw berangkat ke Kecamatan. Mas haris yang uda nylesein finishing penjilidan Laporan. aaa bakal kangen kaliann nihh...

KKN itu nyenengin kok, bisa tau banyak tentang masyarakat disana, bisa ngrasain jadi warga yang jauh dari polusi kendaraan bermotor, bisa ngrasain sejuknya disana, belajar dari keramahan masyarakat dan banyak lagi deh pokoknya. Yang paling ngesek itu bikin laporannya, hedeee,..selalu aja menghantui masa-masa liburanku tapi alhamdulillah jadi tanggal 29 Juli 2012. Seneng rasanyaa ....

Tidak ada komentar: