Rabu, 23 Mei 2012

suka duka jadi guru les privat

awal mula terjun di dunia les privat itu ketika saja ditawarin oleh seorang teman SMA saya yang bernama Tutut Dwi Laksanawati sebelumnya sih saya pengen sekali nyambi (basa Jawa) kerja, maklum uang jajan masih minimal.hehehe

aku mencoba serius menjalani kewajiban itu, soal bayaran belakanganlah yang penting bagaimana saya mampu mengolah kelas dengan baik agar materi ajar yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik oleh murid-muridku. Bukannya itu merupakan langkah awal menggapai masa depan. Deg-deg an sih pasti pada permulaan pertemuan bisa dibayangin kayak diperkenalkan sama monster-monster kecil yang sama sekali belum kenal aku, dengan wajah yang nyebelin dan gag bersahabat banget. Nyebelin pokoknya tapi setelah saya angkat suara dan mencoba mengakrabi adek-adek. All is well saya bahagia walaupun memang belum terbiasa sama sekali.

Teringat apa yang disampaikan dosen-dosen FKIP saya bahwa untuk menghadapi peserta didik dilarang menggunakan nada suara yang tinggi tapi keras boleh hlo ya harus malahan. Hal itu akan selalu saya bawa sampai saya diberi mandat untuk mengajar sesungguhnya nantinya (insyaallah) masalahnya cuman bisa marah sama adek sih.hahahaha

Dulu sih males banget disuruh jadi guru, enakan jadi sarjana teknik, kalo cewek bisa jadi macho.hahaha. Tapi setelah dipikir-pikir bener juga kata papa, kalo cewek jadi guru itu ke depannya urusan Rumah Tangga tidak terbengkalai. Pulang kerja mentok jam 2 siang kalo gag ada acara apa-apa setelah itu pulang trus ngurus rumah deh. Kalo kerja di tempat lain bisa sampe sore, trus capek trus tidur trus ngurus rumahnya kapan. Saya pun bersyukur ada di jalan ini. :)

Back to guru les yaa,..jadi guru les itu harus bener-bener bisa mbagi waktu antara tugas rumah, tugas organisasi, tugas kuliah, belajar dan waktu ngelesin itu sendiri. Kalo boleh milih ni ya, aku milih yang jadwalnya fleksibel jadi kalo emang bener-bener lagi gag bisa ngajar bisa dipending dulu les nya :). Sukanya jadi guru les itu, tahu dunia anak-anak tau dunia lain (hantu kalik,.). Mereka itu lucu, mereka itu masih polos, mereka itu mempunyai berjuta cerita tentang sekolah, keluarga, temen-temen dan mereka belum begitu rumit untuk memikirkan masalah cinta (hubungannya apa :?). Guru les itu yang terpenting harus tetep nyantol dan mau terus belajar materi-materi les tersebut kalo gag kayak gitu yaudah muridnya gag percaya deh.hehehe

Susahnya itu kalo ada murid yang super duper pinter dan kita gag ahli bener dalam setiap materi yang dibutuhkan. Itulah kewajiban kita untuk selalu belajar dan belajar kadang bosen juga sih blajar mluluk dari TK sampai kuliah ini.hehehe. Gag cuma murid pinter yang bikin susah tapi murid yang dibawah rata-rata pun juga lebih mbikin susah bayangin aja uda diterangin berkali-kali tetep aja nilai ulangan di les maupun di sekolah njemblok. Astagfirullah,..

Pada kenyataannya saya harus tetep terus berkarir, apapun rintangannya itu merupakan kreatifitasku untuk menyelesaikan masalah yang ada. I'm happy mengawali profesi ini di sini bersama rekan-rekan FKIP UNS, Prodi Ekonomi khususnya BKK PAP :D

Tidak ada komentar: