Sabtu, 01 Desember 2012

LAPORAN HASIL OBSERVASI KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)

PENGAWASAN KANTOR TERHADAP MUTU DAN BIAYA

DI UNIVERSITAS CIPUTRA, JAWA POS DAN JOGER BALI

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Perkantoran 2 Semester 5 pada BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Angakatan 2010 / 2011

Dosen Pengampu :

1. Dr. Heri Sawiji, M.Pd

2. Endang Murtini, S.Pd, M.Si

Disusun oleh :

Dilla Octavianingrum

K7410051

JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2012



KATA PENGANTAR

Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Hasil Observasi Kuliah Kerja Lapangan “Pengawasan Kantor terhadap mutu dan biaya di Universitas Ciputra, Jawa Pos dan Joger Bali”. Laporan Hasil Observasi ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Perkantoran 2 yang diampu oleh Bapak Dr. Hery Sawiji, M.Pd dan Ibu Endang Martini, S.Pd, M.Si.

Kami mengucapkan terimakasih pada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini baik bantuan secara materiil maupun moril sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.

Akhirnya kami menyadari, bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Sehingga, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan sumbangan yang lebih nyata terhadap peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia

Penulis


PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang mau memperhatikan pengawasan terhadap mutu dan biaya. Tetapi apakah semua perusahaan yang berhasil benar-benar memperhatikan hal tersebut. Fungsi pengawasan pada saat ini memang masih dianggap tidak perlu, dilupakan, dan disalah artikan. Namun, dalam organisasi modern dan dalam perusahaan berstandar komplek semakin disadari pentingnya fungsi control itu yang sebenarnya bermaksud baik yaitu sebagai fungsi manajemen untuk menjaminbahwa apa yang ditetapkan sebagai tujuan organisasi dapat dicapai dengan semestinya.

Pengawasan adalah segenap kegiatan untuk meyakinkan dan menjamin bahwa tugas/pekerjaan telah dilakukan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan, kebijaksanaan yang telah di gariskan dan perintah ( aturan ) yang di berikan. Dalam hal ini pengawasan juga penting karena dapat menjadi tolak ukur dalam memberikan penilaian terhadap pekerjaan sesorang dalam sebuah organisasi. Pengawasan dalam sebuah organisasi sangat dibutuhkan apabila organisasi tersebut akan mencapai tujuan organisasi.

Salah satu dari lima fungsi dasar manajemen adalah control atau pengawasan yang berfungsi membantu memastikan apakah aktifitas yang dilakukan pegawai administrasi sesuai dengan hasil yang diinginkan. Selain itu, fungsi ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi bagaimana melakukan perbaikan terhadap hal tersebut. Pengawasan adalah tanggung jawab pimpinan, tapi karena tidak mungkin pimpinan melakukan semuanya maka pengawasan dilimpahkan pada unit pengawasan. Tetapi dalam melakukan pengawasan pimpinan akan dibantu oleh beberapa manajer yang bertugas pada bidangnya masing-masing sehingga proses pengawasan dapat lebih efektif dan lebih efisien.

Pengawasan kantor mempunyai peranan penting untuk mencapai tujuan organisasi namun pelaksanaannya tidak mudah. Pengawasan dapat dikatakan berhasil apabila memenuhi criteria : proses pengawasan telah memungkinkan pengalaman dan pengeluaran yang dimiliki individu dari pekerjaan dapat digunakan untuk memodifikasi tujuan organisasi. Terdapat dukungan dari manajemen puncak untuk melakukan pengawasan. Pengawasan akan sulit terlaksana tanpa dukungan dan komitmen dari manajemen puncak. Proses pengawasan dapat disesuaikan dengan pekerjaan sebenarnya dari organisasi.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dilihat bahwa betapa pentingnya pengawasan kantor. Oleh karena itu dalam makalah ini akan membahas mengenai Pengawasan Kantor dari segi mutu, kinerja dan control dimana pengawasan mutu diperuntukkan dalam meningkatkan kualitas kinerja maupun produk yang dihasilkan suatu kantor tersebut selain itu juga dapat digunakan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang terjadi. Disamping pengawasan mutu juga diperlukan pengawasan biaya, dalam hal ini berguna untuk mengetahui keuntungan maupun kerugian dari kantor tersebut.

B. RUMUSAN MASALAH

Pengawasan kantor terutama di bidang mutu dan biaya dalam suatu kantor seharusnya merupakan hal yang paling diperhatikan tetapi pada kenyataannya banyak sekali instansi yang kurang memperhatikan hal tersebut sehingga kantor tidak bisa mengendalikan kualitas maupun biaya yang digunakannya.

Oleh karena itu, dalam kantor perlu memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan pengawasan kantor tersebut. Hal-hal yang perlu dipahami dan ditelusuri antara lain sebagai berikut :

a. Bagaimana pengawasan terhadap mutu atau kualitas?

b. Bagaimana pengawasan terhadap biaya?

c. Bagaimana standar kerja dan control kualitas?

d. Siapa yang melakukan pengawasan kantor?

C. TUJUAN

Observasi yang saya lakukan terhadap pengawasan kantor terhadap mutu dan biaya pada berbagai perusahaan saat Kuliah Kerja Lapangan mempunyai banyak tujuan yang antara lain :

a. Mengetahui cara pengawasan terhadap mutu atau kualitas

b. Mengetahui pengawasan terhadap biaya

c. Mengetahui standar kerja dan control kualitas

d. Mengetahui bagian yang menangani berbagai pengawasan mutu dan biaya 


PEMBAHASAN

A. PENENTUAN SAMPEL

Penentuan sampel ditentukan oleh panitia Kuliah Kerja Lapangan dalam kaitannya tentang berbagai materi Administrasi Perkantoran. Tempat kunjungan dilakukan di Universitas Ciputra, Jawa Pos dan juga Pabrik Kata-kata Joger.

Kunjungan ke Universitas Ciputra bertujuan untuk mengetahui bagaimana universitas tersebut bisa menjadi universitas unggulan di bidang kewirausahaan perlu kita ketahui juga bagaimana pengawasan kualitas dan biaya yang dilakukan sehingga dapat mempertahankan kualitas mahasiswa yang begitu luar biasa.

Dalam kunjungan ke Jawa Pos diharapkan mahasiswa mengetahui berbagai administrasi dan alur kerja yang dilakukan pada perusahaan tersebut dimana hal-hal tersebut dapat menunjang kualitas Jawa Pos maupun keuntungan (pengawasan biaya) yang didapatkan perusahaan tersebut.

Selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah Pabrik kata-kata Joger, ini merupakan suatu perusahaan yang menjual berbagai pernak pernik khas Joger. Yang menjadi ciri khas perusahaan ini adalah keunikan kata-kata yang disusun oleh pengelola sehingga menciptakan ketertarikan konsumen. Kunjungan ke tempat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui trik-trik menciptakan sesuatu yang baru dalam dunia perbelanjaan selain itu mahasiswa juga diharapkan mengetahui berbagai hal mengenai manajemen perkantoran.

Dari ketiga sampel di atas, saya menelusuri lebih jauh tentang pengawasan terhadap mutu dan biaya karena seperti yang diketahui pengawasan terhadap mutu dan biaya sangat berguna untuk kelangsungan perusahan tersebut. Dengan adanya pengawasan terhadap mutu dan biaya, perusahan akan mengetahui kesalahan, kerugian maupun keunggulan dan keuntungan dalam mengelola perusahan tersebut.


B. HASIL OBSERVASI

1. UNIVERSITAS CIPUTRA

Universitas Ciputra adalah salah satu perguruan tinggi di Surabaya, Indonesia dan didirikan oleh keluarga Ciputra. Universitas ini berlokasi di kota satelit Citra Raya, yang dikembangkan oleh grup Ciputra. Untuk tahun ajaran 2006, Yayasan Pendidikan Ir. Ciputra, selaku pengelola Universitas Ciputra, membuka delapan program studi yaitu International Business Management (IBM),International Business Accounting (IBA),Tourism and Hotel Management (THM), Culinary Business (CB), Visual Communication Design (VCD), Interior Architecture (INA), Information and Multimedia Technology (IMT), Business Information Systemt (BIS)

Diskusi dan penyampaian materi diawali oleh ibu Damelina selaku ketua Program Studi International Business Management (IBM) selanjutnya diteruskan dengan pemaparan usaha mahasiswa yang diwakili oleh beberapa mahasiswa salah satunya adalah Jonathan.

a. Pengawasan terhadap mutu atau kualitas

Pengawasan kantor di universitas Ciputra ini dilakukan setiap program studi masing-masing dimana setiap program studi mempunyai struktur untuk mengawasi setiap mutu pada program studinya tersebut.

Mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Ciputra akan diberikan pengawasan oleh dosen pembimbing mereka sehingga mahasiswa yang menjadi tolak ukur akademik Universitas Ciputra akan lebih bertanggung jawab untuk meningkatkan mutu universitas ciputra itu sendiri.

Pengawasan mutu dan kualitas juga dapat dilakukan dengan layanan UCBlogs yang dilengkapi dengan fasilitas social media yang memudahkan pengguna untuk dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya. Dengan UCBlogs ini pengelola Universitas dapat memantau berbagai aspirasi masyarakat terhadap Universitas Ciputra itu sendiri sehingga pengelola Universitas Ciputra dapat melakukan perbaikan-perbaikan kualitas.

Memusatkan diri pada Pelayanan Pendidikan. Ada beragam pelayanan sosial yang Dr. Ir. Ciputra lakukan untuk kepentingan masyarakat luas. Bagi Dr. Ir. Ciputra menjadi berkat bagi masyarakat tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur menjadi sukses karena dukungan masyarakat dan pantas untuk memberikan kembali kepada masyarakat. Sejak 3 tahun yang lalu ia mengambil sebuah keputusan penting yaitu melakukan fokus pelayanan sosial dalam bidang pendidikan. Kenapa pendidikan? Setidaknya terdapat dua pikiran dasar. Pertama sudah lebih dari dari 35 tahun yang lalu Dr. Ir. Ciputra telah memiliki keyakinan bahwa pendidikan yang baik dan bermutu adalah passport untuk meningkatkan harkat dan kesejahteraan seseorang, sebuah keluarga ataupun sekelompok masyarakat. Melalui pendidikan yang bermutu kita dapat membuka pintu masa depan yang lebih baik.

Kedua Dr. Ir. Ciputra berkeyakinan pendidikan akan menciptakan dampak strategis bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Bila 40 tahun yang lalu anda berkunjung ke kota Singapura maka tidak banyak perbedaan dengan negara-negara tetangganya dari sisi prestasi ekonomi dan pembangunan kota. Namun sekarang terdapat banyak sekali perbedaan. Singapore, sebuah negara pulau seluas DKI Jakarta dengan penduduk kurang dari 1/3 DKI Jakarta memiliki GNP puluhan kali lebih besar dari GNP Indonesia. Demikian juga dengan Malaysia, dulu mereka yang belajar dari kita sekarang kita yang belajar dari mereka. Tahukah anda rahasia dari pertumbuhan pesat negara-negara tetangga kita itu? Jawabnya sederhana saja yaitu PENDIDIKAN yang bermutu. Dr. Ir. Ciputra berkeyakinan bahwa Indonesia masa depan yang jauh lebih baik dapat kita capai melalui kehadiran pendidikan yang berkualitas prima.

Membangun Pelayanan dalam Bidang Pendidikan. Dr. Ir. Ciputra bersyukur kepada Tuhan bahwa melalui pendidikan hidup pribadi Dr. Ir. Ciputra terangkat dari tingkat yang rendah menjadi ke tingkat yang jauh lebih baik. Inilah pengalaman pribadi kehidupan masa lalunya. Oleh karena itu sejak lebih 35 tahun yang lalu sampai dengan sekarang ada banyak lembaga pendidikan yang dibina dan dikembangkannya sendiri atau bersama rekan-rekannya, antara lain: Yayasan Dr. Ir. Ciputra (Sekolah Ciputra & Cyber Institute), Sekolah Ciputra adalah sebuah sekolah Nasional Plus yang memiliki sertifikat IB(International Baccalaureate). Saat ini sekitar 1.293 sekolah di 115 negara memanfaatkan standar dan panduan dari IBO untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan ke taraf internasional.

Sedangkan Yayasan Citra Kasih mendirikan Sekolah Citra Kasih dibuka di Perumahan Citra Garden Jakarta, sekolah ini dan mendapat dukungan dari Anglican School dari Singapura. Selain itu Yayasan Tarumanagara (Universitas Tarumanagara), Yayasan Don Bosco (Sekolah Don Bosco), Yayasan Pendidikan Pembangunan Jaya (Sekolah Pembangunan Jaya dan Global Jaya) dan Yayasaan Prasetya Mulya (Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya). Secara keseluruhan semua yayasan pendidikan diatas mendidik dan menghasilkan lulusan lebih kurang 25.000 siswa dan mahasiswa.

Strategi Masa Depan. Untuk masa depan dalam melaksanakan fokus pelayanan bidang pendidikan maka setelah Sekolah Ciputra di Surabaya & Sekolah Citra Kasih di Jakarta, Dr. Ir. Ciputra melalui Yayasan Citra Kasih kemudian mengambil inisiatif untuk memulai Sekolah Citra Berkat di 3 lokasi yaitu Surabaya, Jonggol, Tangerang, Sekolah Citra Berkat merupakan tipe sekolah dengan biaya paling ekonomis. Dengan adanya 3 tipe sekolah tsb maka sesungguhnya Dr. Ir. Ciputra ingin melayani sebanyak mungkin lapisan masyarakat dengan pendidikan yang bermutu. Setelah pendidikan jenjang dasar dan menengah Dr. Ir. Ciputra memperluas jangkauan pelayanan Yayasan Dr. Ir. Ciputra ke jenjang pendidikan tinggi. Universitas Ciputra akan dibuka di Perumahan CitraRaya the Singapore of Surabaya pada tahun ajaran 2006/07 nanti dengan tema utama Entrepreneurship. Saat ini sebuah komplek gedung 7 lantai dengan luas 26,672 m2 sedang dibangun (tahap pertama, tahun 2006, luas 6,000 m2). Dr. Ir. Ciputra bercita-cita agar Universitas Ciputra bukan saja dapat memberikan ijazah Sarjana yang berkualitas secara akademis namun yang terpenting adalah mampu menghasilkan alumni yang memiliki ijazah dari "Universitas Kehidupan" yaitu menjadi ENTREPENEUR yang memiliki karakter unggul dan mampu berkiprah menjadi warga dunia .

b. Pengawasan terhadap biaya

Dalam kaitannya dengan pengawasan biaya, Universitas Ciputra mempunyai bagian keuangan tersendiri yang mengurusi berbagai macam biaya perkuliahan maupun biaya administrasi lainnya.

Universitas Ciputra Surabaya bidik calon entrepreneur di bidang keuangan dengan membuka program pendidikan baru International Business Accounting (IBA). Wirawan ED Radianto, M.Sc, Ak. selaku Ketua Program Studi IBA Universitas Ciputra (UC) mengatakan perkembangan bisnis yang sedemikian pesat dan kompleks serta persaingan yang semakin tajam membutuhkan sarjana akuntansi yang tidak hanya ahli dibidangnya namun juga memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif.

Namun Wirawan menyadari tujuan studi tersebut akan sulit tercapai jika hanya mengandalkan pendidikan akuntansi yang konvensional. "Kami harus bisa menggabungkan nilai-nilai entrepreneurial dalam pendidikan akuntansi."

Inge Gunawan, SE, M.Si, CMA sebagai Wakil Dekan Fakultas Entrepreneurial Business UC menambahkan mahasiswa yang menempuh pendidikan IBA di UC tidak hanya dibekali kemampuan akuntansi dan bisnis namun juga kemampuan entrepreneurial.

Diharapkan lulusan IBA akan memiliki keseimbangan dalam ”street smart” dan ”book smart” serta pemahaman konsep serta pengalaman praktis sehingga mereka tidak hanya menguasai angka-angka tetapi juga mampu mengintepretasikannya dengan menggunakan tehnologi informasi untuk mengambil keputusan berbasis strategic managerial accounting.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa para mahasiswa dididik untuk berbekal ilmu akuntansi jadi bisa dikatakan manajemen sistem keuangan yang dilakukan juga menggunakan sistem akuntansi


2. JAWA POS

Jawa Pos didirikan oleh The Chung Shen pada 1 Juli 1949 dengan nama Djawa Post. Saat itu The Chung Shen hanyalah seorang pegawai bagian iklan sebuah bioskop di Surabaya. Karena setiap hari dia harus memasang iklan bioskop di surat kabar, lama-lama ia tertarik untuk membuat surat kabar sendiri. Setelah sukses dengan Jawa Pos-nya, The Chung Shen mendirikan pula koran berbahasa Mandarin dan Belanda. Bisnis The Chung Shen di bidang surat kabar tidak selamanya mulus.

Seiring jalannya waktu kemudian terbentuklah Jawa Pos News Network (JPNN), salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia, dimana memiliki lebih dari 80 surat kabar, tabloid, dan majalah, serta 40 jaringan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1997, Jawa Pos pindah ke gedung yang baru berlantai 21, Graha Pena, salah satu gedung pencakar langit di Surabaya. Tahun 2002 dibangun Graha Pena di Jakarta. Dan, saati ini bermunculan gedung-gedung Graha Pena di hampir semua wilayah di Indonesia. Tahun 2002, Jawa Pos Group membangun pabrik kertas koran yang kedua dengan kapasitas dua kali lebih besar dari pabrik yang pertama. Kini pabrik itu, PT Adiprima Sura Perinta, mampu memproduksi kertas koran 450 ton/hari. Lokasi pabrik ini di Kabupaten Gresik, hanya 45 menit bermobil dari Surabaya.

a. Pengawasan terhadap mutu atau kualitas

Dari sisi manajemen, Radar-Radar yang ada ini dikelola secara otonom. Rekrutmen karyawan dan wartawan dilakukan sendiri oleh masing-masing manajemen Radar. PT. Jawa Pos National Network (JPNN) atau JPNN Corp yang dalam perkembangannya akan menjadi sebuah holding Company. Berikut adalah Susunan Pegawai Jawa Pos :

Direktur Utama : Rida K. Liamsi

Wakil Direktur Utama : Zainal Muttaqin

Direktur Teknik : Untung Sukarti

Direktur Keuangan : Andreas Didi

General Manager : Erwin D. Nugroho

Divisi Liputan dan Media Content

Divisi Teknik dan Jaringan

Divisi SDM, Diklat dan umum

Divisi Keuangan

Sekretariat

Dari kunjungan yang dilakukan diperoleh pernyataan bahwa pengawasan mutu atau kualitas dilakukan pada setiap divisi, misalnya divisi Liputan dan media content, alur pembuatan surat kabar dimulai dari wartawan mencari berita setelah itu diserahkan kepada server untuk dikoreksi, setelah proses pengoreksian oleh server dilanjutkan dengan pengeditan yang dilakukan oleh redaktur (disini redaktur bertanggung jawab dalam pemilihan berita) setelah itu diserahkan kepada server bedah halaman dalam hal ini berita di kelompokkan pada setiap halaman yang akan diterbitkan. Proses ini belum selesai karena harus diteliti lagi oleh Penanggung jawab sebuah halaman apakah berita tersebut layak atau tidak untuk diterbitkan setelah dipilah oleh penanggung jawab maka diserahkan kepada editor bahasa (meneliti tentang Ejaan Yang diSempurnakan menurut bahasa) setelah diteliti maka akan diserahkan pada layoutman untuk diplotkan tempatnya dan finishing nya dilakukan oleh penanggung jawab letak halaman.

Selanjutnya file yang akan terbit di ubah dalam bentuk pdf dan nantinya akan dikirim ke percetakan Jawa Pos. Kualitas yang diterbitkan tentu saja menjadi tanggung jawab pada setiap bagian tersebut tetapi kualitas atau mutu secara keseluruhan akan diperiksa juga pasca penerbitan.

Misalnya terdapat kesalahan pada salah satu bagian surat kabar, ditelusuri satu per satu bagian mana yang melakukan kesalahan selanjutkan akan diadakan perbaikan dan apabila diharuskan untuk melakukan revisi surat kabar sebelumnya maka akan dituliskan revisi pada surat kabar berikutnya. Tugas setiap bagian telah ditentukan maka tidak diperkenankan bagian lain untuk ikut andil dalam bagian yang bukan menjadi tanggung jawabnya. Misalnya : Server tidak diperkenankan untuk masuk pada pagian layoutman.

Pengawasan kantor cabang dilakukan sendiri pada kantor cabang tersebut untuk memudahkan koordinasi dengan para pegawai kantor cabang itu sendiri.

Pengawasan kualitas pegawai dari segi wartawan, dilakukan dengan pertimbangan apabila wartawan tersebut mempunyai berita yang masuk pada headline maka wartawan tersebut mendapatkan nilai tinggi. Sedangkan fotografer juga mempunyai andil yang sama apabila fotonya masuk dalam headline.

b. Pengawasan terhadap biaya

Untuk pengawasan terhadap biaya dilakukan oleh Divisi Keuangan. Kepala Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok mengoordinasikan bahan penyusunan perumusan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang pengelolaan keuangan, perencanaan anggaran, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi dan pelaporan, serta mengoordinasikan administrasi pengelolaan keuangan

3. PABRIK KATA-KATA TEMAN JOGER

Joger Bali dikenal dengan pabrik kata-kata yang berlokasi di kawasan jalan raya Kuta. Tempatnya sangat strategis dan menempuh waktu 10 menit dari bandara Ngurah Rai jika tidak terjadi kemacetan. Untuk pastinya, alamat Joger Bali berada di Jalan Raya Kuta dekat supermarket Supernova.

Nama Joger diambil dari nama pemiliknya sendiri yaitu bapak Joseph Theodorus Wulianadi yang digabung dengan nama sahabatnya Bapak Gerard. Sahabatnya ini sangat berjasa dalam merintis usaha pabrik kata kata ini. Pada tahun 1981 Joseph diberi hadiah pernikahan oleh Gerard sebesar US $ 20.000 sebagai modal dari usahanya. Awalnya dibuka di alamat Jalan Sulawesi no 37 Denpasar, namun sejak tanggal 7 Juli 1987 toko ini pindah ke tempatnya sekarang di alamat Jalan Raya Kuta sebelah supermarket Supernova.

a. Pengawasan terhadap mutu atau kualitas

Produk-produk yang ada pada Pabrik kata-kata Joger mempunyai Harga yang bervariasi dengan kualitas yang sangat diutamakan. Hampir tiap hari tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama saat musim liburan, Idul Fitri, Natal, maupun menjelang tahun baru. Tempatnya yang sangat strategis dengan produk yang unik-unik membuat toko ini tidak pernah sepi pengunjung. Sehingga para pengunjung sering kehabisan stock ukuran baju. Sebaiknya berkunjung tidak pada musim liburan maupun hari raya. Jadi akan bebas memilih dan tidak kehabisan ukuran.

Pengawasan mutu di lakukan di akhir proses produksi. Setiap bagian mengkritisi bagian-bagian di bawahnya. Penuturan dari Bapak Joger (pemilik Pabrik kata-kata Joger) Menajemen yang beliau pakai adalah sistem kekeluargaan. Di mana tidak ada jarak antara atasan dan bawahan. Semuanya sama, karena sudah satu keluarga. Bahkan di sini tidak ada yang namanya karyawan. Yang ada hanya anak buah. Beda anak buah dengan karyawan terletak pada pola interaksi di mana antara atasan dan bawahan sama saja. Bukan berarti tidak pernah marah bila ada anak buah yang salah. Bisa marah tapi dalam rangka mencintai bukan membenci anak buah.

“Ini perbedaan saya dengan pengusaha lain. Aturan yang saya buat boleh dilanggar asal bisa mempertanggungjawabkan. Undang-undang fungsinya untuk mengatur bukan untuk menganjurkan. Contohnya, dilarang tidur sewaktu bekerja, bukan berarti tidak boleh tidur. Boleh tidur dengan syarat minta ijin terlebih dulu.” Ujar pemilik Joger ini.

Dulu dia pernah kemalingan. Selidik punya selidik, ternyata pencurinya anak buah saya sendiri. Tapi mereka tidak saya pecat. Saya nasehati saja. Saya katakan pada mereka, bila mau mencuri sebaiknya minta ijin terlebih dulu. Dari dulu kan sudah saya bilang, bila mau melanggar aturan harus minta ijin. Kalau sudah minta ijin dia tidak akan mencuri.

“Dalam mencari anak buah, saya juga berbeda dengan pengusaha lain. Orang yang sudah berpengalaman negatif dengan pekerjaannya, misalnya sopir, saya mencari sopir yang pernah tabrakan. Kalau sudah pernah tabrakan, dia pasti akan hati-hati karena mengetahui betapa sakitnya tabrakan, dan dia pasti tidak akan menabrakkan mobil saya, kata beliau “

Pengawasan mutu atau kualitas dilakukan oleh kritikus dimana dalam manajemen jogger sendiri terdapat beberapa Tim Kreatif yang antara lain : Pemungut Sampah, Editor, Grafis, Komposer warna, dan Kritikus. Produksi awal dimulai dari pemungutan sampah yang dilakukan oleh “anggota keluarga” (pegawai) Joger. Pemungutan sampah bertujuan untuk menemukan berbagai kata yang nantinya akan dirangkai menjadi kata maupun kalimat yang unik.

Setelah itu diadakan pengeditan oleh editor dimana kata-kata yang telah tersedia dipilah agar menjadi kata-kata yang enak dikonsumsi oleh masyarakat selanjutnya di letakkan pada bagian grafis yang bertugas untuk mendesain gambar maupun susunan kata agar terlihat menarik. Setelah desain sudah siap maka diserahkan pada bagian komposer warna, untuk menyesuaikan warna dengan desain yang ada. Dan pada bagian finishing diadakan sebuah kritikan oleh kritikus apabila desain maupun produk tersebut tidak bagus atau tidak menarik. Pemilik perusahan ini pun tidak lantas angkat tangan atas proses produksinya, tidak jarang beliau meneliti ataupunmengawasi pada bagian kritikus, apabila beliau tidak menyukainya maka produk tersebut tidak akan diperbanyak.

b. Pengawasan terhadap biaya

Bisnis bagi Bapak Joger adalah bagaimana caranya “menipu” konsumen secara baik-baik, sehingga mereka merasa senang dan merasa tidak ditipu, dan datang lagi minta ditipu secara berkesinambungan. Marketing yang andal adalah orang yang sudah bisa mempengaruhi jiwa konsumen. Bukan lagi hanya kantongnya, sehingga orang tersebut tidak bisa berbuat apa-apa.

Kunci keberhasilan adalah kejujuran yang mengandung itikad baik. Dalam berusaha saya tidak selalu memikirkan untung. Keuntungan hanya membuat kita kaya secara meteri, namun tidak secara batin. Untuk apa kaya kalau tidak bahagia? Bukan berarti saya menganjurkan miskin. Akan lebih rugi bila sudah miskin tidak bahagia. Jadi tujuan hidup bukan miskin atau kaya, tapi bahagia.

Yang disebut bahagia adalah orang yang bisa berkarya untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk masyarakat. Kalau mau kaya, usahakan jangan sampai orang lain menjadi miskin karenanya. Saya mempunyai filosofi, “lebih baik sedikit tetapi cukup daripada banyak tetapi kurang.” Miskin di sini saya artikan adalah cukup. Kalau sudah merasa sudah cukup, untuk apa memikirkan banyak?

Dalam hidup saya memakai sistem kompromi. Separuh untuk nafkah separuh lagi untuk kehidupan. Karena mencari nafkah itu belum tentu hidup. Apabila sudah bisa menikmati hidup, barulah namanya hidup. Hidup itu sebenarnya mudah karena Tuhan Maha Baik, Dia akan memberikan segala yang diminta hambanya. Manusia itu sering berbicara bahwa Tuhan Maha Tahu tapi mereka sok. Tuhan Maha Kuasa tapi kita sok kuasa akhirnya kita tidak mau rendah hati. Sebetulnya, kalau rendah hati, hidup ini jadi indah.

Selain mengelola Joger, beliau juga sering menjadi pembicara di seminar-seminar. Beliau sering mengungkapkan, kembangkanlah diri kalau mau percaya diri. Tapi sebelum mengembangkan diri, harus tahu diri. Jadi intinya adalah tahu diri, setelah itu percaya diri. Bagaimana bisa berusaha, bila tidak percaya diri dan tidak bisa mengembangkan diri?. Begitulah beliau memberikan dorongan dalam berwirausaha. Sistem pembayaran dilakukan dengan tunai/cash.


PENUTUP

A. KESIMPULAN

Pengawasan pada dasarnya memastikan pelaksanaan pekerjaan sesuai rencana, sehingga harus ada perencanaan tertentu dan intruksi dan wewnang kepada bawahan kita. Prinsip lainnya adalah harus mengrefleksikan sifat-sifat dan kebutuhan dari aktifitas yang harus dievaluasi, dapat dengan segera melaporkan penyimpangan-penyimpangan, fleksibel, dapt merefleksikan pola organisasi, ekonomis, dpat dimengerti dan dapat menjamin diadkannya tidnakan korektif.

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang memperhatikan sistem pengawasan baik itu pengawsan pegawai, mutu maupun biaya. Dalam hal ini pengawasan mutu sangatlah diperlukan untuk peningkatan produksi yang dihasilkan selain itu pengawasan terhadap biaya juga berguna untuk mengatahui untung rugi perusahaan tersebut yang selanjutnya dapat digunakan sebagai evaluasi rencana ke depan.

Menurut pendapat saya, pengawasan yang dilakukan pada ketiga perusahaan tersebut sudah memenuhi standar karena memang sudah ada bagian-bagaian tersendiri untuk mengawasi produk yang dibuatnya. Tetapi sebaiknya tanggung jawab terhadap proses pengawasan dilakukan khusus pada bagian pengawasan agar lebih terfokus dan teliti.


B. SOLUSI

Sebaiknya seseorang yang ingin merintis suatu usaha memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Betapa pentingnya pengawasan terhadap mutu

2. Diadakan pengawasan setiap hari nya secara tidak langsung dan sebulan sekali secara langsung

3. Betapa pentingnya pengawasan terhadap biaya

4. Mencatat setiap laporan keuangan secara rinci

5. Peran Sumber Daya Manusia yang jujur sangat diperlukan

6. Adanya koordinasi yang baik antar atasan dan bawahan

7. Menyeleksi pegawai yang akan menjadi staff di perusahaan tersebut



Sumber :
Kunjungan Langsung
Internet

Tidak ada komentar: