Kamis, 10 Januari 2013

"ikhlas", kata mama

pasti inget kata alhmh mama kalo pas lagi males banget njalanin kegiatan,.

dulu waktu masih SMP sempet disuruh angkat aer yang baru aja mateng dari kompor,.
kala itu masak aer pake panci yang gedhe,.enggak pake "ceret" kalo orang jawa bilang,.
males banget rasanya pas disuru mama angkat aer yang udah mateng,.
pas disuruh,..adanya cuman mbantah mama,..
trus tanpa saya duga pas nurunin aer,..aer panas tumpah semua ke kaki saya,.
sungguh rasanya panas nggak karuan,.
aku menangis,..tapi justru dimarahin sama almh mama,.
begini kata nya
"mulo nek nglakoni gawean kui sing ikhlas yo rasakno nek ra ikhlas dadi ne keno alangan"
aku tambah menangis apalagi kala itu aku belum mengerti banyak tentang kehidupan,.
walaupun mama memarahiku tapi mama langsung mengobati kaki ku yang terkena aer panas itu,.
sungguh kaki rasanya luar biasa,..penuh dengan aer di dalamnya,.gak kempes kempes,..tapi mama gak pernah lengah mengobati ku hingga lukaku sembuh,.

Atas kejadian itu,,.
sekarang setelah mama telah kembali ke surga,..aku selalu ingat bahwa mengerjakan sesuatu itu harus dilandaskan dengan ikhas,..walaupun lelah, capek ataupun berat,,..tapi aku harus selalu yakin bahwa kan ada hikmah dibalik semuanya,.
Terima kasih mama :*

Tidak ada komentar: